» » » » » PNPM MANDIRI PENDESAAN ACEH : TENAGA AHLI DAN PENDAMPING DESA - ACEH, INDONESIA

PNPM MANDIRI PENDESAAN ACEH : TENAGA AHLI DAN PENDAMPING DESA - ACEH, INDONESIA
 
Dear All Sahabat Job Lokers Aceh, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri Perdesaan atau PNPM-Perdesaan atau Rural PNPM), merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat yang digunakan PNPM Mandiri dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah perdesaan. PNPM Mandiri Perdesaan mengadopsi sepenuhnya mekanisme dan prosedur Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang telah dilaksanakan sejak 1998. PNPM Mandiri sendiri dikukuhkan secara resmi oleh Presiden RI pada 30 April 2007 di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Secara umum, Program pemberdayaan masyarakat ini dapat dikatakan sebagai program pemberdayaan masyarakat terbesar di tanah air. Dalam pelaksanaannya, program ini memusatkan kegiatan bagi masyarakat Indonesia paling miskin di wilayah perdesaan. Program ini menyediakan fasilitasi pemberdayaan masyarakat/ kelembagaan lokal, pendampingan, pelatihan, serta dana Bantuan Langsung untuk Masyarakat (BLM) kepada masyarakat secara langsung. Besaran dana BLM yang dialokasikan sebesar Rp750 juta sampai Rp3 miliar per kecamatan, tergantung jumlah penduduk.

Dalam PNPM Mandiri Perdesaan, seluruh anggota masyarakat diajak terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan dalam penggunaan dan pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pada pelaksanaan kegiatan dan pelestariannya.

Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan berada di bawah binaan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kemen terian Dalam Negeri. Program ini didukung dengan pembiayaan yang berasal dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dana pinjaman/hibah luar negeri dari sejumlah lembaga pemberi bantuan dibawah koordinasi Bank Dunia.

Dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh melalui Satuan Kerja Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Aceh, membuka kesempatan kepada putra dan putri yang berada dalam wilayah Aceh untuk menjadi Tenaga Pendamping Profesional guna membantu Pendampingan Alokasi Dana Desa (ADD) di 23 Kabupaten/Kota dalam Provinsi Aceh. Adapun posisi yang dibutuhkan sebagai berikut :
  1. Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, berkedudukan di Kabupaten/Kota (kode 01);
  2. Tenaga Ahli Infrastruktur Desa berkedudukan di Kabupaten/Kota (kode 02);
  3. Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif berkedudukan di Kabupaten/Kota (kode 03);
  4. Tenaga Ahli Pemberdayaan Ekonomi Desa, berkedudukan di Kabupaten/Kota (kode 04);
  5. Tenaga Ahli Pengembangan Teknologi Tepat Guna, berkedudukan di Kabupaten/Kota (kode 05);
  6. Tenaga Ahli Pengembangan Pelayanan Dasar, berkedudukan di Kabupaten/Kota (kode 06);
  7. Pendamping Desa berkedudukan di Kecamatan (kode 07);
  8. Pendamping Lokal Gampong/Desa berkedudukan di Gampong/Desa (kode 08).
A. Lamaran ditujukan kepada Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh selaku Kasatker Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Aceh melalui P.O. BOX 777 P3MD ACEH, dengan melampirkan :

Surat lamaran menyertakan identitas/biodata terdiri dari nama, tempat/tanggal lahir, nama jabatan yang dilamar, kualifikasi pendidikan terakhir sesuai dengan jurusan yang telah ditentukan dan alamat tempat tinggal secara lengkap (jalan, RT/RW, Gampong/Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, kode pos dan nomor telp/hp), dengan melampirkan :
  • Foto copy sah ijazah dan transkrip nilai sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan dan disahkan/dilegalisir;
  • Curriculum Vitae (CV) sesuai format yang dapat diakses di www.bpm.acehprov.go.id;
  • Mengisi Form Pendaftaran yang dapat diakses di www.bpm.acehprov.go.id;
  • Pas photo ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) lembar warna (ditulis nama dan pendidikan di belakang photo);
  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 1 (satu) lembar;
  • Surat referensi Kerja atau surat pengalaman bekerja (bagi yang telah pernah bekerja);
  • Sertifikat-sertifikat lainnya jika ada.
  • Menuliskan kode posisi/jabatan yang dilamar pada sudut kanan atas amplop;
  • Calon pelamar tidak diperkenankan melamar lebih dari satu posisi/jabatan;
  • Surat lamaran diterima sejak pengumuman ini dikeluarkan dan berakhir pada tanggal 10 Agustus 2015 (Cap Pos).
  • Pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan diproses selanjutnya dan pemanggilan akan dilakukan melalui via telepon atau dapat diakses ke www.bpm.acehprov.go.id

B. Khusus untuk posisi Pendamping Lokal Gampong/Desa berkas lamaran dapat diserahkan langsung ke Kantor Pendamping Teknis Kabupaten wilayah PNPM Mandiri Perdesaan, sedangkan untuk wilayah Perkotaan berkas lamaran disampaikan melalui PO. BOX. 777 P3MD ACEH.

C. Untuk mengetahui tugas pokok, syarat-syarat manjadi Tenaga Pendamping Profesional dan kuota pendamping dapat mengunjungi website www.bpm.acehprov.go.id atau melalui BPM Kabupaten/Kota, Kantor Pendamping Teknis di wilayah PNPM Mandiri Perdesaan, Kantor UPK PNPM Mandiri Perdesaan di masing-masing Kecamatan wilayah PNPM Mandiri Perdesaan.

OTHER/PERSYARATAN LAINNYA
SILAKAN KLIK GAMBAR PENGUMUMAN DIBAWAH INI




LAMARAN DITUTUP 10 AGUSTUS 2015
Silakan kirim lamaran Sahabat Job Lokers Aceh secara online (KLIK DISINI APLIKASINYA) dan ikuti petunjuk sesuai dengan peraturan PNPM Mandiri Pendesaan Aceh melalui website : www.bpm.acehprov.go.id
 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Back to top!
TOP