» » » » » » KEMENTERIAN KESEHATAN (KEMENKES) : PROGRAM NUSANTARA SEHAT - ACEH, INDONESIA

KEMENTERIAN KESEHATAN (KEMENKES) : PROGRAM NUSANTARA SEHAT - ACEH, INDONESIA
 
Dear All Sahabat Job Lokers Aceh, Sejarah Fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) untuk periode 2015 – 2019 adalah penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer. Prioritas ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. Penguatan yankes primer mencakup tiga hal: Fisik (pembenahan infrastruktur), Sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan).

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Penguatan yankes primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (penapisan).

TUJUAN
Tujuan dari program Nusantara sehat ini selain untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK dan DBK juga mempunyai tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat serta dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK

Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK dan DBK juga mempunyai tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat serta dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK. Program ini merupakan program lintas Kemenkes yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat (public health) dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan Nawa Cita.

SEKILAS PROGRAM
Program Nusantara Sehat melalui penempatan tenaga kesehatan berbasis tim, dilakukan berdasarkan hasil kajian terhadap distribusi tenaga kesehatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2012. Salah satu rekomendasi kajian menunjukkan bahwa penempatan tenaga kesehatan untuk daerah tertentu lebih baik jika dilakukan berbasis tim. Kajian tersebut ditindaklanjuti dengan uji coba penempatan tenaga kesehatan berbasis tim pada tahun 2014 di 4 Puskesmas pada 4 kabupaten di 4 Propinsi (Prop. Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua) dan berhasil meningkatkan kunjungan Puskesmas serta Upaya Kesehatan Masyarakat. Dari segi tenaga kesehatan mereka merasa lebih nyaman karena ditempatkan dan bekerja dalam satu tim. Sebelumnya Kantor Urusan Khusus Presiden RI untuk Millennium Development Goals (KUKP-RI MDGs) juga telah membuat program Pencerah Nusantara yang pola penempatan tenaga kesehatannya juga berbasis tim.

PENDEKATAN
Pendekatan yang dilakukan program Nusantara Sehat bersifat komprehensif dengan melibatkan anggota tim dengan berbagai jenis tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian.

TARGET
  • Wilayah capaian: 44 Kabupaten di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK)
  • Unit capaian: Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)
  • Jumlah capaian: 120 Puskesmas
Target pelaksanaan program Nusantara Sehat adalah Puskesmas yang berlokasi di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) di 44 Kabupaten di Indonesia dan melibatkan setidaknya 600 tenaga kesehatan. Kesulitan yang dihadapi selama ini oleh Puskesmas, khususnya yang berada di DTPK adalah kurangnya tenaga kesehatan sehingga mereka tidak mampu menjalankan fungsi puskesmas dengan optimal. Melalui program Nusantara Sehat, Kemenkes berupaya untuk memperkuat puskesmas yang ada di daerah-daerah tersebut dengan menempatkan setidaknya 600 tenaga kesehatan tambahan ke 120 Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia.

PESERTA
Peserta program adalah para tenaga profesional kesehatan dengan latar belakang tenaga kesehatan yang berbeda yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian, dengan persyaratan usia di bawah 35 tahun dan bersedia mengabdikan dirinya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan.

Peserta Tim Nusantara Sehat melalui proses seleksi administrasi dan seleksi psikologi (test psikologi, FGD, dan wawancara). Peserta yang lolos seleksi adalah peserta yang memperlihatkan kemampuan sosialisasi dan berkomunikasi yang baik, memperlihatkan inisiatif dan pengambilan keputusan yang baik, serta berkomitmen terhadap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

Kemenkes senantiasa mendorong seluruh tenaga kesehatan profesional untuk ikut serta dalam program Nusantara Sehat dengan mendaftarkan diri baik secara online melalui situs resmi Nusantara Sehat : www.nusantarasehat.kemkes.go.id 

Ingin menjadi bagian dari tim Nusantara Sehat? Atau kenal dengan seseorang yang cocok menjadi Nusantara Sehat?, Kementerian Kesehatan melalui Program Nusantara Sehat membuka lowongan kerja terbaru dengan posisi sebagai berikut :

POSITION
  • DOKTER UMUM
  • DOKTER GIGI
  • PERAWAT
  • BIDAN
  • TENAGA GIZI
  • TENAGA KESEHATAN LINGKUNGAN
  • TENAGA KESEHATAN MASYARAKAT
  • ANALISIS LABORATORIUM
DESCRIPTION DAN KUALIFIKASI
  • Silakan ikutin petunjuk secara online disini >> KLIK
  • Jika anda masih anggota baru silakan isi kota pendaftaraan keanggotaan baru
  • Penempatan  setidaknya 600 tenaga kesehatan akan dilakukan secara simultan ke 120 Puskesmas dan mereka akan berada di masing-masing Puskesmas selama 2 (dua) tahun.
  • Seluruh peserta dibekali materi bela negara, keahlian medis dan non-medis.
  • Peserta yang lolos dan tidak adalah tanggung jawab Kemenkes dan tidak bisa di tanggung gugat
 
PENUTUPAN HINGGA 14 SEPTEMBER 2015
Silakan kirim lamaran Sahabat Job Lokers Aceh dengan mengikuti petunjuk secara online di : Nusantara Sehat (untuk informasi profil perusahaan silakan klik disini)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Back to top!
TOP